Cite This        Tampung        Export Record
Judul PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG / Dian Nurwati, S. Pd. SD
Pengarang Dian Nurwati, S. Pd. SD
Penerbitan Kota Semarang : Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (UPGRIS), 2025
Deskripsi Fisik xvi + 167 halaman :Ilustrasi ;30 x 21 cm
Subjek Pengaruh Supervisi Akademik Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar
Abstrak ABSTRAK Nurwati, Dian. 2025. Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang. Pembimbing I. Dr. Bunyamin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rasiman, M.Pd. Guru yang profesioanl harus dapat menguasi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru, (2) mengetahui besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap kompetensi profesional guru, (3) mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru, dan. (4) untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, budaya organisasi dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru. Pendekatan penelitian yang diguna
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
T-468 T-468 DIA p C. Baca di tempat Perpustakaan Mitra Perpusnas - REFERENSI Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000925899
005 20250716105417
007 ta
008 250716################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0725000056
082 # # $a T-468
084 # # $a T-468 DIA p C.
100 0 # $a Dian Nurwati, S. Pd. SD
245 1 # $a PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG /$c Dian Nurwati, S. Pd. SD
260 # # $a Kota Semarang :$b Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (UPGRIS),$c 2025
300 # # $a xvi + 167 halaman : $b Ilustrasi ; $c 30 x 21 cm
520 # # $a ABSTRAK Nurwati, Dian. 2025. Pengaruh Supervisi Akademik, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang. Pembimbing I. Dr. Bunyamin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rasiman, M.Pd. Guru yang profesioanl harus dapat menguasi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru, (2) mengetahui besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap kompetensi profesional guru, (3) mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap kompetensi profesional guru, dan. (4) untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, budaya organisasi dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini 377 guru dan sampel penelitian 194 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Korelasi supervisi akademik terhadap kompetensi profesional sebesar 0,894. Pengaruh supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap variabel kompetensi profesional sebesar 79,9%. (2) Korelasi budaya organisasi terhadap kompetensi profesional sebesar 0,846. Pengaruh budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap varibel kompetensi profesional sebesar 71,5%. (3) Korelasi motivasi kerja terhadap kompetensi profesional sebesar 0,779. Pengaruh motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap varibel kompetensi profesional sebesar 70,7%. (4) Pengaruh yang signifikan supervisi akademik, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru dengan persamaan 0,578 +0,626 X1 + 0,117 X2 + 0,172 X3. Kemudian nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,910. Hasil koefisien determinasi pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y adalah sebesar 82,8%. Simpulan penelitian ini ada pengaruh yang signifikan supervisi akademik, budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kompetensi profesional guru sebesar 82,8%. Penulis menyarankan agar kepala sekolah dapat melakukan refleksi dan evaluasi dengan meningkatkan intensitas supervisi. Kepala sekolah dapat melakukan motivasi dan pembinaan agar memacu guru untuk dapat meningkatkan kompetensi professional guru. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Kompetensi Profesional
650 # 4 $a Pengaruh Supervisi Akademik Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru Sekolah Dasar
990 # # $a T-468
990 # # $a T-468
No Nama File Nama File Format Flash Format File Action
1 .htacce s qwwqqewqwe htacce s Baca Online
Content Unduh katalog