Cite This        Tampung        Export Record
Judul ATRIBUT INOVASI E-RETRIBUSI PASAR DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PADA DINAS PERDAGANGAN KOTA SEMARANG / KUNTO WIBISONO, ST
Pengarang KUNTO WIBISONO, ST
Penerbitan Kota Semarang : Universitas Diponegoro
Deskripsi Fisik xi+106 halaman :ilustrasi ;30 x 21 cm
Subjek retribusi
Abstrak ABSTRAK Pemerintah Kota Semarang berinovasi ke teknologi informasi dengan membuat sebuah inovasi e-Retribusi yang berfungsi untuk memudahkan pedagang pasar dalam pembayaran pajak, namun ternyata inovasi e-Retribusi masih belum memberikan hasil sesuai yang diharapkan pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa atribut inovasi e-Retribusi pelayanan pasar dalam pengurusan pajak pelayanan pasar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambar dalam penerapan inovasi e-Retribusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang menggambarkan bahwa inovasi e-Retribusi belum memberikan hasil sesuai yang diharapkan pedagang pasar, mereka menganggap inovasi tersebut cukup rumit dan membingungkan terlebih bagi para wajib pajak lanjut usia, selain itu pedagang tetap harus datang ke kantor Dinas guna keperluan cetak bukti bayar dan cap legalitas. Kurangnya meratanya sosiali
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
T-440 T-440 KUN a C. Baca di tempat Perpustakaan Mitra Perpusnas - REFERENSI Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000925874
005 20250703030152
007 ta
008 250703################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0725000031
082 # # $a T-440
084 # # $a T-440 KUN a C.
100 0 # $a KUNTO WIBISONO, ST
245 1 # $a ATRIBUT INOVASI E-RETRIBUSI PASAR DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PADA DINAS PERDAGANGAN KOTA SEMARANG /$c KUNTO WIBISONO, ST
260 # # $a Kota Semarang :$b Universitas Diponegoro
300 # # $a xi+106 halaman : $b ilustrasi ; $c 30 x 21 cm
520 # # $a ABSTRAK Pemerintah Kota Semarang berinovasi ke teknologi informasi dengan membuat sebuah inovasi e-Retribusi yang berfungsi untuk memudahkan pedagang pasar dalam pembayaran pajak, namun ternyata inovasi e-Retribusi masih belum memberikan hasil sesuai yang diharapkan pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa atribut inovasi e-Retribusi pelayanan pasar dalam pengurusan pajak pelayanan pasar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambar dalam penerapan inovasi e-Retribusi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang menggambarkan bahwa inovasi e-Retribusi belum memberikan hasil sesuai yang diharapkan pedagang pasar, mereka menganggap inovasi tersebut cukup rumit dan membingungkan terlebih bagi para wajib pajak lanjut usia, selain itu pedagang tetap harus datang ke kantor Dinas guna keperluan cetak bukti bayar dan cap legalitas. Kurangnya meratanya sosialisasi yang dilakukan para stakeholder yang terkait, membuat pedagang semakin kesulitan menggunakan inovasi e-Retribusi. Faktor pendukung dalam penerapan inovasi e-Retribusi adalah pelayanan publik yang berbasis digital dapat menghemat para wajib pajak dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Pedagang juga dapat terhindar dari adanya pungutan liar yang akan membuat pedagang membayar lebih daripada yang seharusnya dan dapat terhindar dari keterlambatan pembayaran pajak pasar. Selain itu inovasi e-Retribusi mengedepankan prinsip keterbukaan yaitu wajib pajak bisa mengetahui seluruh informasi yang mereka butuhan secara mudah, meliputi informasi mengenai tata cara, persyaratan, biaya, dan lain-lain. Kemudian untuk faktor penghambat adalah inovasi e-Retribusi masih sangat perlu dilakukannya pengembangan supaya pedagang lebih nyaman menggunakan inovasi tersebut. Kata kunci: e-Retribusi, pelayanan pasar, inovasi
650 # 4 $a retribusi
990 # # $a T-440
Content Unduh katalog