Cite This        Tampung        Export Record
Judul Kontruksi Sosial Guru Terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kota Semarang / Martini, S. Pd
Pengarang Martini, S. Pd
Penerbitan Kota Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2024
Deskripsi Fisik xiv+115 halaman :ilustrasi ;30 x 21 cm
Subjek konstruksi sosial
Abstrak ABSTRAK Martini, 2024. "Kontruksi Sosial Guru Terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasr Kota Semarang Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Eko Sugiarto, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Dr. Hamdan Tri Atmaja, M. Pd. Kata Kunci: Kontruksi Sosial. Eksternalisasi, Objectivsi, Internalisasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menggali konstruksi sosial terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar Kota Semarang Implementasi kurikulum merdeka secara mandiri oleh satuan pendidikan menjadikan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai komponen penting dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah menjadi beragam. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan design penelitian menggunakan studi fenomenologi dimana pemaknaan umum dari sekelompok individ
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
T-444 T-444 MAR k C. Baca di tempat Perpustakaan Mitra Perpusnas - REFERENSI Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000925873
005 20250703025645
007 ta
008 250703################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0725000030
082 # # $a T-444
084 # # $a T-444 MAR k C.
100 0 # $a Martini, S. Pd
245 1 # $a Kontruksi Sosial Guru Terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kota Semarang /$c Martini, S. Pd
260 # # $a Kota Semarang :$b Universitas Negeri Semarang,$c 2024
300 # # $a xiv+115 halaman : $b ilustrasi ; $c 30 x 21 cm
520 # # $a ABSTRAK Martini, 2024. "Kontruksi Sosial Guru Terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasr Kota Semarang Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Eko Sugiarto, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Dr. Hamdan Tri Atmaja, M. Pd. Kata Kunci: Kontruksi Sosial. Eksternalisasi, Objectivsi, Internalisasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menggali konstruksi sosial terhadap Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar Kota Semarang Implementasi kurikulum merdeka secara mandiri oleh satuan pendidikan menjadikan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai komponen penting dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah menjadi beragam. Hal inilah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan design penelitian menggunakan studi fenomenologi dimana pemaknaan umum dari sekelompok individu terhadap sebuah atau banyak pengalaman hidup mereka yang berkaitan dengan konsep atau fenomena akan dideskripsikan secara lengkap. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kuningan 02, SD Islam Sultan Agung, dan SD Kanisius Hasanudin di wilayah kecamatan Semarang Utara Kota Semarang Data-data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam dengan para informan, studi dokumen dan observasi perilaku peserta didik di sekolah tempat penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1)Pengetahuan dan pemahaman guru tentang proyek penguatan profil pelajar pancasila didapat melalui berbagai kegiatan pelatihan secara offline maupun online. Pelatihan yang diikuti oleh guru SDN Kuningan 02, SD Islam Sultan Agung 02, dan SD Kanisius Hasanudin beragam ada yang karena inisiatif sendiri dan karena menjalankan tugas dari kepala sekolah untuk mengikuti kegiatan pelatihan tentang kurikulum merdeka dan proyek penguatan profil pelajar pancasila yang diadakan oleh dinas pendidikan kota Semarang. (2) Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di SDN Kuningan 02, SD Islam Sultan Agung 02, dan SD Kanisius Hasanudin sudah dilaksanakan sesuai tahapan pelaksanaan P5. (3) Hasil Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila pada jenjang sekolah dasar di ketiga sekolah tersebut membawa dampak perubahan perilaku dan prestasi peserta didik. Peserta didik merasa senang dan antuasias dalam mengikuti kegiatan Proyek penguatan profil pelajar pancasila yang dilaksanakan dengan melibatkan orangtua peserta didik dunia industri dan pemerintah
650 # 4 $a konstruksi sosial
990 # # $a T-444
Content Unduh katalog