Cite This        Tampung        Export Record
Judul KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS TEKS (TEXT- BASED INSTRUCTION) MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF KOMUNIKATIF PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA / Eshia Monica Tilova, S.Pd.
Pengarang Eshia Monica Tilova, S.Pd.
Penerbitan Kota Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2019
Deskripsi Fisik xv+70 Halaman :ilustrasi ;30 x 21 cm
Subjek Bahasa Jawa
Abstrak ABSTRAK Tilova, Eshia Monica. 2019. Keefektifan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Teks (Text-Based Instruction) Melalui Pendekatan Integratif Komunikatif Pada Keterampilan Menulis dan Kepercayaan Diri Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum., Pembimbing II Dr. Udi Utomo, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis teks, Pendekatan integratif komunikatif. Keterampilan Menulis, Kepercayaan diri Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan ketrampilan menulis siswa yang masih rendah serta pembelajaran yang hanya mengukur aspek kognitif saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran bahasa Jawa berbasis teks (text-based instruction) melalui pendekatan integratif komunikatif terhadap keterampilan menulis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
T-446 T-446 ESH k C. Baca di tempat Perpustakaan Mitra Perpusnas - REFERENSI Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000925869
005 20250702034413
007 ta
008 250702################|##########|#|##
035 # # $a 0010-0725000026
082 # # $a T-446
084 # # $a T-446 ESH k C.
100 0 # $a Eshia Monica Tilova, S.Pd.
245 1 # $a KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS TEKS (TEXT- BASED INSTRUCTION) MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF KOMUNIKATIF PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA /$c Eshia Monica Tilova, S.Pd.
260 # # $a Kota Semarang :$b Universitas Negeri Semarang,$c 2019
300 # # $a xv+70 Halaman : $b ilustrasi ; $c 30 x 21 cm
520 # # $a ABSTRAK Tilova, Eshia Monica. 2019. Keefektifan Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Teks (Text-Based Instruction) Melalui Pendekatan Integratif Komunikatif Pada Keterampilan Menulis dan Kepercayaan Diri Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum., Pembimbing II Dr. Udi Utomo, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis teks, Pendekatan integratif komunikatif. Keterampilan Menulis, Kepercayaan diri Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan ketrampilan menulis siswa yang masih rendah serta pembelajaran yang hanya mengukur aspek kognitif saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran bahasa Jawa berbasis teks (text-based instruction) melalui pendekatan integratif komunikatif terhadap keterampilan menulis siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD N Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2018/2019 dengan sampel sebanyak 43 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk keterampilan menulis siswa diukur dengan menggunakan metode tes unjuk kerja dengan instrumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar unjuk kerja. Kepercayaan diri siswa diukur dengan metode non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan yaitu sebesar 9,76 poin lebih tinggi pada keterampilan menulis siswa dengan menggunakan pembelajaran bahasa Jawa berbasis teks (Text-Based Instruction) melalui pendekatan integrative. (2) pembelajaran bahasa Jawa berbasis teks (Text-Based Instruction) melalui pendekatan integratif komunikatif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Simpulan dari hasil penelitian adalah pembelajaran bahasa Jawa berbasis teks (Text-Based Instruction) melalui pendekatan integratif komunikatif efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran bahasa Jawa berbasis teks (Text-Based Instruction) melalui pendekatan integratif komunikatif mampu membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar terhadap teks Bahasa Jawa.
650 # 4 $a Bahasa Jawa
990 # # $a T-446
Content Unduh katalog